Cegah Android Lemot Dengan 5 Tips Ini


android tutorial

1. Jangan menginstall antivirus lebih dari satu !

Ya, tips pertama ini sangat saya tekankan sekali. Bagi para awam (mungkin) akan banyak ditemui hal semacam ini. Contohnya antivirus semacam Avast akan diinstall, ternyata sebelumnya telah ada CM Security, dan inilah penyebab besar Android lemot, karna dua antivirus yang berjalan di balik layar akan memakan banyak memory ram. 

Dan sebenarnya menurut para master di bidang android (sumber dari forum), menginstall antivirus di sitem Android yang berjalan di kernel linux tidak dibutuhkan, selama kita tidak asal mengisntall aplikasi dan mengklik sembarang link atau tautan.


2. Gunakan microSD berkecepatan tinggi

Selain memori internal yang digunakan, pengguna juga sering menambah memori eksternal untuk memenuhi kebutuhan akan data. Jadi, pilihlah memory (microSD) yang telah berjalan di kisaran class 6 - 10, dengan demikian penulisan dan pembacaan data pada memori akan lebih cepat.
microsd tutorial
Tanda microSD berjalan di class 10

 
3. Install aplikasi pembersih

Gunakan aplikasi pembersih Android otomatis semacam Clean Master, DU Speed Booster, atau bisa juga aplikasi kecil seperti CCleaner. Aplikasi tersebut dapat membersihkan Android dari cache, temporary file, dan folder-folder yang tidak terpakai.

Tapi apabila smartphonemu hanya memiliki kapasitas memori yang kecil, saya sarankan menginstall CCleaner saja agar tidak banyak memakan memori ram. Selain memakai aplikasi seperti diatas kita juga dapat melakukanya dengan cara manual, yaitu dengan menghapus cache aplikasi melalui setelan (pengaturan→ aplikasi → pilih aplikasi yang akan dibersihkan → clear cache.


4. Kurangi widget dan jangan gunakan live wallpaper (animasi)

Selain membuat battery lebih hemat, mengurangi jumlah widget yang tidak terlalu penting juga mampu meningkatkan kinerja Android. Dan penggunaan wallpaper animasi atau live wallpaper juga akan memakan memori, inilah enyebab launcher android terasa berat. 

Untuk saran saya, gunakan wallpaper yang lagi trend saat ini, yaitu yang berjenis flat wallpaper.


5. Hentikan aplikasi yang berjalan di balik layar

android berjalan

Seleksi aplikasi yang sudah tidak dipakai, dan hentikan aplikasi untuk tidak berjalan di balik layar untuk memberi ruang lebih pada ram (hal ini mampu mencegah android lemot).

Biasanya dengan menekan lama tombol home maka kita dapat melihat semua aplikasi yang sedang berjalan baik itu yang sedang dipakai ataupun tidak, cara lainya yaitu dengan menggunakan aplikasi seperti task killer.





Semoga Bermanfaat,

Comments

Popular posts from this blog

Cara Test Game Controller pada Windows 7