Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri Atau Mendadak Mati


Koneksia.com – Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri Atau Mendadak Mati. Laptop mendadak mati atau restart sendiri. Kadang kita merasa jengkel ketika sedang bermain atau sedang bekerja menggunakan Laptop dan tiba-tiba laptop mati atau restart sendiri. Hal ini tentunya cukup mengganggu jika berulang terus menerus.
Untuk itu masalah laptop sering restart harus segera ditangani, agar tidak menggangu pekerjaan ataupun aktivitas kita bersama dengan Komputer/Laptop. Banyak hal dan faktor yang membuat laptop sering restart sendiri. Tentunya cara mengatasinya pun berbeda – beda untuk tiap masalah yang timbul.
Kali ini Koneksia ingin membagikan sedikit tips untuk mengatasi masalah Laptop sering restart sendiri. Disini Koneksia hanya akan menuliskan beberapa faktor utama masalah Laptop sering mati mendadak dan solusinya.

Laptop Restart Sendiri

Berikut ini Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop Restart Sendiri:

1. Laptop/Komputer sering restart karena Processor Overheat
a. Overheat pada Processor merupakan salah satu penyebab utama laptop sering restart sendiri. Untuk mengecek terjadinya overheat pada Processor dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya :
  • Melihat kondisi temperatur pada menu Hardware Monitor di BIOS
  • Menggunakan program monitoring temperatur seperti misalnya CPUID Hardware Monitor
b. Mengecek secara manual yaitu dengan membuka casing CPU dan meraba sendiri temperatur pada bagian Pendingin (Cooler) Processor.
Kondisi overheat pada processor dapat disebabkan beberapa faktor diantaranya sbb:
c. Kondisi kipas angin (fan) yang terdapat pada pendingin Processor atau bagian dalam laptop terdapat banyak debu, hal ini akan menggangu aliran sirkulasi udara yang dapat membuat bagian dalam Laptop menjadi panas.
  • Sudah kering atau hilangnya thermal paste yang merekatkan antara Processor dan Heatsink.
  • Kondisi ruangan tempat bekerja yang begitu panas.
d. Untuk mengatasi laptop sering restart sendiri karena Procesor kepanasan (overheat) dapat dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini:
  • Lakukan pembersihan pada bagian dalam laptop, yaitu membersihkan debu – debu yang ada di dalamnya, bisa menggunakan kain dan lap. Ada baiknya membawanya ke sevice center agar mendapat penanganan yang tepat dan optimal, serta meminimalisir dampak negative yang akan timbul.
  • Tambahkan thermal paste secukupnya pada proseccor dan pendinginnya, sehingga jalur pendinginannya bisa menjadi lebih optimal lagi, dan sedikit dapat mengurangi panas yang terbentuk.
  • Perhatikan tempat peletakan atau penyimpanan laptop kita, usahakan jangan diletakkan di tempat yang panas atau Notebook Cooler sebagai alas Laptop.
  • Liat secara dini temperatur yang ada, dapat menggunakan bantuan aplikasi seperti CPUID Hardware Monitor
2. Hardisk Mengalami Bad Sector
Sebuah hardisk yang rusak atau bahkan terdapat bad sector didalamnya dapat menjadi penyebab laptop menjadi hang, muncul pesan bluescreen of deadth atau laptop tidak bisa booting dan me-restart terus menerus.
Untuk mencegah keruksakan sekaligus memperbaiki hardisk tersebut kita bisa menjalankan program scandisk/checkdisk, men-defrag hardisk secara teratur dan pastikan selalu mematikan komputer dengan menekan tombol shutdown.
3. Laptop sering restart karena RAM rusak
RAM yang rusak dapat menyebabkan laptop sering restart sendiri. Biasanya laptop masih dapat hidup dan berjalan seperti biasanya. Akan tetapi tiba-tiba Laptop merestart sendiri disaat-saat yang tak diduga-duga.
Walaupun sudah dipastikan semua hardware dalam keadaan baik tetapi masalah itu tetap ada. Untuk mengatasi hal tersebut silahkan untuk mengganti RAM dengan yang lainnya, dan hasilnya laptop dapat berjalan dengan normal.
4. Laptop Terinfeksi Virus
Laptop sering restart sendiri ada kemungkinan juga laptop terkena virus, virus membuat kerja memori menjadi terbebani karena melakukan proses yang sama secara berulang – ulang. Dengan demikian laptop dapat menjadi restart – restart dengan sendirinya. Untuk mengatasi hal ini silahkan pasang Anti Virus terupdate dan lakukan proses scanning untuk mematikan ada atau tidaknya virus di Laptop.
Demikian Tips atau Cara mengatasi laptop restart sendiri. Semoga dapat membantu menyelesaikan masalah laptop kalian. Jika dirasa kurang atau belum sesuai, saya harap dapat memberikan masukannya untuk kedepannya.

Comments

  1. Bangamingadget.com merupakan penyedia layanan barang dan jasa service laptop terbaik. Dengan Rating 4.6/5 dari 1900 ulasan google. selain itu owner kami alumni ITB berintegritas lho!! pasti trusted!
    https://bangamingadget.com/mau-nugas-laptop-reboot-sendiri/

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara Test Game Controller pada Windows 7