Cara mengatasi Laptop Not Responding

Laptop merupakan komputer portabel yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Tentunya dalam hal menuntaskan berbagai tugas mulai dari mengetik untuk tugas kuliah maupun kebutuhan kantor, mengerjakan desain, bermain game, mengedit video atau foto, hingga menjelajahi dunia internet. Akan tetapi, tidak ada yang namanya sempurna. Meskipun laptop sudah dibekali segudang fitur yang bermanfaat sebagai penunjang aktivitas, tetap saja akan ada kendala yang datang menghantui si pemakainya. Ya, apalagi kalau bukan masalah Not Responding atau eror.

Kalau laptop eror, sudah pasti akan sulit atau menjadi kurang nyaman ketika digunakan. Lalu bagaimana cara mengatasi laptop hang? Berikut ini Hinet akan menjabarkan bagaimana cara mengatasi laptop not responding untukmu.

1. Tutup Secara Paksa

Cara Paling AMPUH mengatasi Laptop Not Responding dan Eror - Tutup Secara Paksa
Langkah awal yang dapat kamu lakukan adalah dengan menutup paksa aplikasi atau sofware yang sedang berjalan. Salah satu faktor penyebab laptop hang adalah karena adanya aplikasi yang nyatanya terus berjalan. Untuk mematikannya, kamu harus masuk ke menu Task Manager terlebih dulu, caranya dengan menekan CTRL + Alt + Del pada keyboard. Setelah menu ini muncul, kamu bisa memilih software dan matikan dengan klik ‘End Task’.

2. Hilangkan Virus

Cara Paling AMPUH mengatasi Laptop Not Responding dan Eror - Hilangkan Virus
Selain aplikasi berat yang bikin lemot, virus juga bisa dibilang sebagai pemicu utama datangnya masalah eror dan ‘not responding’ loh. Cara agar memusnahkan virus atau malware yang bersarang dalam laptop adalah dengan menggunakan aplikasi Antivirus atau Antimalware. Kalau sudah memiliki aplikasinya, lakukanlah pengecekan atau scan virus secara rutin.

3. Update Ke Versi Terbaru

Cara Paling AMPUH mengatasi Laptop Not Responding dan Eror - Update Ke Versi Terbaru
Mungkin beberapa pengguna laptop belum tahu betapa pentingnya untuk mengupdate program atau driver. Jika driver tidak pernah diperbaharui, bisa jadi hal tersebut membuat laptop menjadi lemot atau sering hang. Maka dari itu, update lah driver ke versi yang terbaru. Dengan begitu kamu juga akan mendapatkan fitur terbaru juga sebagai bonusnya.

4. Uninstal Aplikasi Tidak Penting

Cara Paling AMPUH mengatasi Laptop Not Responding dan Eror - Uninstal Aplikasi Tidak Penting
Kebanyakan orang memaksakan laptopnya untuk menginstal aplikasi yang kurang kompatibel dengan laptopnya. Padahal tidak semua laptop cocok untuk menjalani aplikasi yang berat. Alangkah baiknya jika kamu uninstal aplikasi-aplikasi tersebut. Dengan begitu, laptop yang kamu miliki akan terhindar dari yang namanya ‘resource conflicts’.

5. Tambah RAM Laptop

Cara Paling AMPUH mengatasi Laptop Not Responding dan Eror - Tambah RAM Laptop
Satu lagi cara yang dapat kamu coba supaya laptop tidak hang lagi ialah dengan menambah RAM-nya. Alasannya, bisa jadi laptop sering mengalami eror dan sulit merespon karena kapasitas RAM kurang memadai untuk menjalankan aplikasi yang berat. Maka dari itu, cobalah untuk menambah RAM agar slot memori menjadi lebih lega dan kamu dapat menjalankan aplikasi yang berat dengan stabil. Akan tetapi, sebelum menambah RAM kamu konsultasikan dulu kepada ahlinya, apakah laptopmu kompatibel jika ditambahkan RAM-nya atau tidak.

Begitulah cara mengatasi laptop not responding atau hang. Jika kamu menemui kasus tersebut pada laptopmu cobalah cara-cara di atas ya

Comments

Popular posts from this blog

Cara Test Game Controller pada Windows 7